Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas :
XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di
alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
·
Kelimpahan unsur-unsur di
alam
·
Sifat fisis dan sifat
kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3, dan
periode 4.
·
Pembuatan unsur-unsur dan
senyawa halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga.
·
Kegunaan dan dampak unsur/senyawa
bagi manusia dan lingkungan
|
Mengamati (Observing)
·
Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia. Mengidentifikasi
produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu.
Menanya(Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
tentang sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia, mengapa unsur logam
dapat bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana memperoleh
logam murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar
unsur tertentu?
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Kerja kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di alam, khususnya di Indonesia.
·
Mengidentifikasi /menggali
informasi tentang cara memperoleh unsur murni dari bahan bakunya
·
Mendiskusikan kegunaan
unsur/senyawa dalam kehidupan
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan prinsip pembuatan
unsur-unsur/senyawa
·
Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat-sifat unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif
para ahli.
·
Mensyukuri kelimpahan
unsur di alam sebagai anugerah Tuhan YME.
Mengkomunikaskan (Communicating)
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok terkait dengan kelimpahan unsur di alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur serta produk yang mengandung unsur
tertentu.
|
Tugas:
· Merancang dan
melakukan percobaan tentang:
- Daya oksidasi halogen
- Reaksi nyala
- Reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Membuat bahan presentasi tentang
kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat
kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat melakukan
percobaan dan presentasi tentang
kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Portofolio:
·
Penulisan artikel atau
leaflet/brosur tentang unsur-unsur di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan, pembuatan dan dampak unsur/ senyawa
Tes tertulis
-
Menganalisis kelimpahan unsur
-
Mengidentifikasi sifat
fisis dan sifat kimia unsur dalam golongan/periode
-
Menjelaskan proses
pembuatan unsur/senyawa
-
Menentukan kegunaan
unsur/senyawa
|
8 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang
relevan
|
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan
peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3. Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
|||||
3.6.Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan
senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
4.6 Menalar dan menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak,
proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas
mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode
4) dan senyawanyadalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar