tab

Jumat, 03 Januari 2014

RPP Materi Pembuatan dan Kegunaan Unsur

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester            : XII/1
Program                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu            : 2 minggu x 4jp

I.          KOMPETENSI INTI :
KI  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
K2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasaalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3 Memahami. Menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.       KOMPETENSI DASAR :
1.      Menyadari adanya keteraturan dalam keragaman sifat unsur sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.      Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
3.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
4.      Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
5.      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
6.      Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Menalar dan Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.



III.    INDIKATOR :
1.      Menjelaskan pembuatan unsur- unsur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur serta senyawanya dalam kehidupan  sehari-hari dan industri.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Peserta didik dapat menjelaskan pembuatan unsur-unsur halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur serta senyawanya dalam kehidupan  sehari-hari dan industri.

V.       MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pembuatan unsur-unsur kimia dan senyawanya meliputi : halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga. 
2.      Kegunaan unsur-unsur kimia dan senyawanya serta dampak unsur-unsur kimia dansenyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

VI.    PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                     : Contextual Teaching and Learning
Metode                            : Ceramah informasi, diskusi, tanya jawab
Model Pembelajaran      : Portofolio, kooperatif jigsaw
Alat yang digunakan     : Whiteboard, boardmarker, LCD, dan laptop

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Untuk 1 pertemuan: 2 x 45 menit
Langkah
Kegiatan
Alokasi waktu
Nilai karakter yang dicapai
Pembukaan
Salam pembuka:
Peserta didik masuk kelas, kemudian salah satu peserta didik memimpin doa sebelum pelajaran dimulai.
Guru mengabsen peserta didik.
1 menit
Disiplin
Apersepsi:
Guru menunjuk benda-benda yang ada di dalam kelas seperti meja, jendela, kaca, pensil, tralis besi, dan sebagainya lalu menanyakan asal dan kegunaannya kepada siswa. Guru mengajak peserta didik untuk mulai berpikir tentang kegunaan unsur-unsur kimia dan proses pembuatannya.
3 menit
Percaya diri
Kreatif
Penjelasan tujuan pembelajaran:
Guru menjelaskan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
1 menit
Menghargai orang lain
Kegiatan inti
Eksplorasi:
Guru menampilkan tabel periodik unsur lalu peserta didik menyebutkan unsur-unsur logam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
5 menit
Kreatif
Mandiri
Tekun
Percaya diri
Elaborasi :
1). Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok jigsaw. Kelompok harus beragam dalam hal gender, etnis, ras, dan kemampuan. 
 2). Guru menunjuk salah satu peserta didikdari tiap kelompok sebagai pemimpin. Awalnya, orang ini harus menjadi peserta didik yang paling matang dalam kelompok. 
3). Guru mengundi materi yang harus dikuasai pada masing-masing kelompok
3). Menugaskan setiap peserta didik untuk belajar satu bagian, yaitu manfaat, dampak serta proses pembuatan yang dalam hal ini guru menayangkan video pembuatan logam natrium, besi dan aluminium serta memberikan buku pegangan. Memastikan peserta didik memiliki akses langsung hanya untuk bagian mereka sendiri. (dua kelompok mengamati dan memahami manfaat, dampak, dan proses pembuatan logam natrium, dua kelompok mengamati dan memahami manfaat, dampak, dan proses pembuatan alumunium, dan dua kelompok terakhir memngamati dan memahami manfaat, dampak, dan proses pembuatan alumunium.
5). Guru memberikan peserta didik waktu untuk membaca atau melihat video secara berulang setidaknya dua kali agar peserta didik menjadi akrab dengannya. Tidak perlu bagi mereka untuk menghafalkannya. 
6). Membentuk "kelompok ahli"  dengan memilih salah satu peserta didik dari setiap kelompok jigsaw bergabung peserta didikyang berbeda di bagian yang sama. Beri peserta didik dalam kelompok ahli waktu untuk mendiskusikan poin-poin utama dari bagian mereka. 
 7). Guru mengarahkan peserta didik dari kelompok ahli untuk kembali ke kelompok asal dan mempresentasikan atau menjelaskan hasil diskusi dengan kelompok ahli untuk kelompok asal. Mendorong anggota kelompok lain dalam kelompok untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi. 
8). Guru mengarahkan diskusi agar proses tersebut tetap tertib sehingga tujuan tercapai.  
9). Pada akhir sesi, memberikan kuis pada materi sehingga peserta didik dengan cepat menyadari bahwa sesi ini tidak hanya menyenangkan dan permainan tapi benar-benar dihitung.
65 menit
Kerja sama
Kritis
Tekun
Percaya diri
Mandiri
Konfirmasi:
Guru mengumpulkan hasil rangkuman tiap-tiap kelompok dan meminta peserta didik memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan.
10 menit
Kritis
Cermat
Rapi
Penutup
Guru menyimpulkan hasil kegiatan dan memberikan evaluasi kepada peserta didik berupa tugas rumah (soal latihan). Guru juga menjelaskan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Guru mengakhiri pertemuan dengan doa dan salam penutup.
5 menit
Religius

VIII.   ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
Sumber belajar               : Hand Out, Buku kimia kelas XI dan sumber lain yang     mendukung materi ( internet, modul, majalah)
Sumber informasi        : Perpustakaan, lingkungan sekitar
Alat                             : Papan tulis, spidol
Media Pembelajaran    : LKS, laporan percobaan

IX.         PENILAIAN
Jenis tagihan                : tugas kelompok
Bentuk instrumen        : tes tertulis (rangkuman kelompok)
Contoh instrumen        : lembar rangkuman
Tujuan                          : untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi tentang manfaat dan dampak unsur-unsur serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri, pembuatan unsur serta senyawanya dan komposisi unsur dalam pupuk.
Lembar rangkuman   : masing-masing kelompok merangkum hasil presentasi kelompok lain.
Penilaian                       : 
Yang dinilai
Skor  maksimal
Kelengkapan
20
Isi rangkuman
70
Kerapian
10
Total skor
100

Skor maksimal             : 100

Kriteria penilaian        :
No
Nilai Kuantitatif
Nilai Kualitatif
Keterangan
1.
5
≥ 86
A
Sangat baik
2.
4
76 - < 86
B
Baik
3.
3
60 - < 76
C
Cukup
4.
2
46 - < 60
D
Kurang
5.
1
<46
E
Sangat kurang


J.      Referensi
Budi Utami, dkk. 2009. Kimia 3: Untuk SMA/MA Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta: Pusbuk Depdiknas
Michael Purba. 2007. Kimia 3A untuk SMA kela XII. Jakarta: Erlangga
Sukardjo. 2009. Kimia SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Bumi Aksara
Sukardjo dan Lis Permana Sari. 2008.  Penilaian Hasil Belajar Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY
Suyanto, dkk. 2007. Kimia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: PT Grasindo
Teguh Pangajuanto dan Tri Rahmidi. 2009. Kimia 3: Untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Pusbuk Depdiknas

Semarang,   Desember 2013
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


                                                                                    Nais Pinta Adetya

NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar