tab

Jumat, 06 Desember 2013

gElemental

gElemental adalah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang berkutat dalam bidang ilmu kimia. Aplikasi ini akan menampilkan tabel periodik kimia yang telah diberi warna-warna tertentu untuk menandai sifat-sifat unsur kimia pada kolom tertentu. Dengan adanya warna-warna tersebut, Anda dengan mudah dapat membedakan unsur mana yang termasuk ke dalam golongan alkali, logam, gas mulia, dan lain-lain.
Untuk memastikan arti dari warna-warna tersebut, tersedia legenda di bagian bawah yang dapat ditampilkan atau disembunyikan.
Jika pointer dilewatkan di atas sebuah unsur kimia, nomor unsur, nama panjang, dan sifat unsur tersebut akan ditampilkan di bagian atas tabel. Jika sebuah unsur kimia yang ada di dalam tabel periodik tersebut diklik, informasi detail mengenai unsur tersebut akan ditampilkan.
gElemental memiliki dua mode tampilan. Yang pertama adalah tabel periodik dan yang kedua adalah tabel biasa. Dalam model tabel biasa, unsur kimia bisa diurutkan berdasarkan nomor unsur, simbol, nama, grup, dan lain-lain.
Selain itu, warna-warna tabel periodik juga bisa diganti berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan sifat fisik, sifat kimiawi, sifat elektronik, massa atom, dan lain-lain.

Untuk pengguna Ubuntu dan turunannya silahkan cari gelemental di Synaptic Package Manager atau ketik ini di terminal:
sudo apt-get install gelemental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar