tab

Sabtu, 11 Januari 2014

Chemical Calculator

Chemical Calculator merupakan salah satu software atau lebih tepatnya open sourcesoftware (OSS) kimia yang ada pada Linux. Cara menginstal software ini ada di add/remove, ubuntu software center, synaptic package manager atau bisa memberikan command line pada terminal dengan cara menekan Ctrl+Alt+T (connect internet), kemudian ketikkan : sudo apt-get install chemical calculator. Tunggu instalasi sampai selesai, lalu buka di Application-->science. 
Berikut cara pengoprasian dari chemical Calculator:
1. Klik software chemical calculator dalam menu pada linux. Maka akan muncul tampilan awal sebagai berikut:


2. Cara menggunakan software ini mudah, hanya menginputkan atom ataupun molecul saja pada kotak yang tersedia, maka akan menghasilkan output berupa formula, raw formula, molecular weight, composition, isotopic pattern dan persen massa. Jika ingin mengetahui persentase dari unsure dalam senyawa, cukup memasukkan rumus senyawanya, misalnya kita menghitung persentase Na dan Cl dari NaCl, maka gambar yang akan muncul adalah sebagai berikut:
Pada proses pembuatan unsur, seringkali diperlukan perhitungan untuk menghitung persen massa suatu atom. Untuk itu, software ini tepat digunakan pada materi pembuatan dan kegunaan struktur atom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar