tab

Rabu, 15 Januari 2014

Soal Uraian

SOAL URAIAN
MATERI PEMBUATAN DAN KEGUNAAN UNSUR
Kelas/Semester          : XII/1

1.      Mengapa natrium dipilih untuk digunakan sebagai lampu jalan?
Jawab:
Natrium dipilih untuk digunakan sebagai lampu jalan karena natrium memiliki sifat koloidal sehingga nyala lampu natrium dapat menembus kabut.
Selain itu, nyala lampu natrium berwarna kuning sehingga lebih efektif digunakan sebagai penerangan jalan (jika dibandingkan dengan unsur alkali lain misalnya litium yang memiliki warna nyala merah).

2.      Bagaimana belerang ditemukan di alam?
Jawab:
Belerang ditemukan dalam meteorit. R.W. Wood mengusulkan bahwa terdapat simpanan belerang pada daerah gelap di kawah Aristarchus. Belerang terjadi secara alamiah di sekitar daerah pegunungan dan hutan tropis. Sulfur tersebar di alam sebagai pirit, galena, sinabar, stibnite, gipsum, garam epsom, selestit, barit dan lain-lain.

3.      Samakah istilah garam dapur dengan garam Inggris? Jelaskan!
Jawab:
Garam dapur dan garam inggris adalah berbeda.
Garam dapur biasanya disajikan adalah NaCl yang dapat dihasilkan melalui reaksi antara NaOH dan HCl. lazim dimakan manusia, berbentuk kristal putih yang berasal dari air laut. Sedangkan garam inggris adalah MgSO4.7H2O atau disebut juga Epsom salts, biasanya digunakan untuk meningkatkan kadar mineral dalam air dan efektif untuk mengobati sembelit (untuk cuci perut). Dengan begitu istilah garam dapur dan garam inggris benar-benar berbeda

4.      Sebutkan kegunaan asam sulfat!
Jawab:
Kegunaan asam sulfat: pembuatan pupuk ZA, air aki, pengilangan minyak, pembrosesan air limbah, sintesis kimia, pemrosesan bijih besi.

5.      Apa yang dimaksud dengan proses Haber Bosch?
Jawab:



Haber Bosch adalah reaksi fikasasi gas nitrogen dan gas hidrogen melalui katalist yang kaya akan gas besi (Fe)untuk menghasilkan gas amonia.

6.      Unsur kimia apa yang digunakan dalam tablet obat maag?
Jawab:
Kandungan obat maag: Magnesium hidroksida (MgOH2), Hidrotalsit [Mg6Al2(CO3)(OH)16.4(H2O)]. Jadi unsur kimia dalam obat maag: Magnesium

7.      Bagaimana menyimpan logam alkali yang baik? Mengapa demikian?
Jawab:
 Logam alkali sebaiknya disimpan dalam wadah yang berisi minyak dan ditutup rapat-rapat. Hal ini dikarenakan logam alkali sangat reaktif. Penyimpanan dalam wadah yang berisi minyak mencegah kontak langsung logam alkali dengan udara. Kita tahu bahwa udara juga mengandung air walaupun dalam persentase yang sedikit. Dan logam alkali dapat bereaksi hebat dengan air.

8.      Mengapa aluminium dapat digunakan sebagai bahan pelapis antikarat?
Jawab:
Pada dasarnya karat adalah lapisam yang terbentuk setelah senyawa/unsur bereaksi dengan oksigen dan / atau air.
Pada aluminium sebenarnya,proses perkaratannya berlangsung dengan cepat dan membentuk oksida aluminium (Al2O3). Akan tetapi, perkaratan segera terhenti setelah lapisan tipis oksida terbentuk. lapisan oksida tersebut berikatan sangat kuat.Lapisan itu melekat pada permukaan logam, sehingga melindungi logam di bawahnya terhadap perkaratan berlanjut.persamaan reaksinya :
4Al + 3O2 --> 2Al2O3
Lapisan oksida pada permukaan aluminium dapat dibuat lebih tebal melalui elektrolisi, yang disebut anodizing. Aluminium yang telah mengalami anodizing digunakan untuk membuat panci dan berbagai perkakas dapur, bingkai, kerangka bangunan (panel dinding), serta kusen pintu dan jendela yang anti karat.

9.      Jelaskan senyawa fosfat yang berperan dalam tubuh manusia!
Jawab :
Senyawa fosfat yang berperan dalam tubuh manusia adalah H2PO4 (asam Fosfat) yang mempunyai peran dalam fungsi aerobik sampai keterlibatannya pada sistem pencernaan. dan senyawa HPO4- yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH dalam darah.

10.  Bagaimana pembuatan nitrogen dari urea?
Jawab:
Pembuatan nitrogen dari urea
urea direaksikan dengan asam nitrit dengan persamaan reaksi kimia sebagai berikut :
CO(NH2)2 + 2HNO2 --> 3H2O + CO2 + 2N2

11.  Apa yang terjadi jika balita kekurangan iodin?
Jawab:
Jika balita kekurangan iodin maka akan menderita beberapa penyakit seperti kelambatan mental, pertumbuhan fisik jasmani terhambat dan menderita penyakit gondok atau pembengkakan kelenjar gondok pada lehernya.

12.  Sebutkan beberapa persenyawaan logam alkali tanah dan kegunaannya!
Jawab:
Beberapa persenyawaan logam alkali tanah yang penting:
a) Kalsium oksida CaO dan kalsium hidroksida Ca(OH)2
Kalsium oksida dalam perdagangan dikenal sebagai kapur tohor atau gamping,banyak digunakan dalam berbagai industri. Jika Cao dicampur dangan air akan terbentuk Ca(OH)2 atau air kapur,yang banyak digunakan untuk pengolahan bahan buangan industri dan air limbah,untuk menghilangkan kesadahan air,industri gula,untuk pembuatan soda dan sebagai bahan bangunan.
b) Kalsium karbonat CaCO3
Kalsium karbonat yang murni banyak digunakan dalam pabrik kertas, pabrik makanan dan pabri gula. kalsium karbonat,magnesium karbonat dan magnesium hidroksida adalah basa yang digunakan sebagai antasid untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan.
c) Kalsium sulfat CaSO4
Kalsium sulfat di alam berupa kristal tak berwarna yang disebut gips atau batu tahu CaSO4.2H2O. Gips yang dipanaskan akan melepaskan 1.5 molekul air kristalnya dan disebut gips bakar. Gips bakar ini bila terkena air akan mengeras. Gips bakar banyak digunakan utuk membuat cetakan,membalut tulang patah,pembuatan kapur tulis, dan sebagai bahan warna dalam industry cat.
d) Magnesium sulfat MgSO4
Kristal MgSO4.7H2O dikenal sebagai garam inggris yang digunakan sebagai obat pencahar (pencuci perut)

13.  Sebanyak 10 ton bauksit yang mengandung 56,4% AL2O3, IOH2O diolah dengan proses Hall.
a. Berapa ton alumunium murni yang dapat dihasilkan ?
b. Jika proses elektrolisis menggunakan arus 579 kilo ampere. Tentukan lama elektrolisis ! 
Jawab
a) AI2O3 . I0H2O murni = 10 ton = 5,64 ton
                                         = ton mol
       2Al2O3 (1)
® AI (1) + O2 (g)
       0,02 ton mol – 0,04 ton mol
       Alumunium murni yang dihasilkan = 0,04 x 27 = 1,08 ton

b) MAL =
      1080 =
            t = 20.000 detik = 5,56 jam 
14.  Pasir kuarsa sebanyak 5 ton diolah dalam tanar listrik menggunakan kokas sehingga dihasilkan 1,68 ton silicon murnin, tentukan :
a. Berapa %, SiO2 dalam pasir kuarsa ?
b. Berapa kg kokas diperlukan untuk mereduksi ?
Jawab:


Si murni = = 0,06 ton mol
a). SiO2(s) + 2C(s)
®
Si (1) + 2CO (g)
      0,06 ton mol – 0,12 ton mol – 0,06 ton mol
      SiO2 murni = 0,06 x 60 = 3,6 ton
       % SiO2 =
b) Kokas (c) diperlukan adalah 0,12 x 12 = 1,44 ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar