tab

Selasa, 14 Januari 2014

LIBRE OFFICE MATH

Cara menginstal software ini ada di add/remove, ubuntu software center, synaptic package manager atau bisa memberikan command line pada terminal dengan cara menekan Ctrl+Alt+T (connect internet), kemudian ketikkan : sudo apt-get install libre office math. Tunggu instalasi sampai selesai, lalu buka di Application-->science.

Lembar kerja di bagian bawah adalah tempat Anda menuliskan formula atau rumus-rumus ilmiah, yang secara otomatis akan juga diduplikasikan di lembar kerja utama Anda di bagian atas.
Element dalam formula dibagi di dalam sembilan (9) kelompok, yaitu:
1. Kelompok Unary/Binary Operators: digunakan untuk penulisan operator hitung, seperti positif, negatif, perkalian silang, perkalian titik, pembagian, operasi logika, dan lain-lain.
2. Kelompok Relations: digunakan untuk penulisan hubungan relasi matematika, seperti lebih besar dari, kurang dari, lebih besar sama dengan dari, dan lain-lain.
3. Kelompok Set Operations: digunakan untuk penulisan operasi himpunan, seperti anggota dari, himpunan bagian, himpunan kosong, dan lain-lain.
4. Kelompok Functions: digunakan untuk penulisan fungsi matematika seperti eksponensial, logaritma, trigonometri, pangkat, akar, dan lain-lain.
5. Kelompok Operators: digunakan untuk penulisan fungsi matematika seperti limit, integral, notasi sigma, dan lain-lain.
6. Kelompok Attributes: digunakan untuk penulisan atribut-atribut ilmiah, seperti negasi, vektor, dan setting karakter.
7. Kelompok Brackets: digunakan untuk penulisan dalam format tanda kurung, kurung kurawal, kurung himpunan, maupun kurung matriks.
8. Kelompok Formats: digunakan untuk penulisan superscript, subscript, penulisan unsur kimia, penulisan urutan matriks, dan lain-lain.
9. Kelompok Others: digunakan untuk penulisan simbol-simbol ilmiah lainnya.

Software ini memang tidak berhubungan langsung dengan unsur, namun dalam menganalisa proses pembuatan serta kegunaan unsur kimia tentunya dibutuhkan perhitungan seperti diatas, untuk mempermudah hal tersebut maka Libre Office Math merupakan salah satu software yang cocok digunakan pada materi ini.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar